IDENTIFIKASI PERTUMBUHAN DAN RTH KOTA SURABAYA TAHUN 1990 -2009 MENGGUNAKAN CITRA LANDSAT ETM+


Abdul Wahid Hasyim

Pesatnya kegiatan dan kehidupan perkotaan yang semakin beragam mengikuti tuntutan kebutuhan  warganya, secara perlahan tanpa disadari telah merubah wajah permukaan lahan perkotaan. Kota Surabaya dengan jumlah penduduk yang mendekati 3,2 juta jiwa adalah kota terbesar ke-2 di Pulau Jawa bahkan Indonesia. Perluasan secara horizontal disebutnya ‘expansion’ masih menjadi pilihan dominan dibandingkan perluasan secara vertikal disebut ‘compaction’ atau pemampatan. Cara  expansion akan memakan banyak ruang, sebaliknya cara compaction akan meningkatkan kepadatan atau intesitas (Maguire, D.J., dkk., 2005).

Pertumbuhan kota dan ruang terbuka hijau (RTH) perkotaan adalah suatu kebutuhan yang saling menenggang. Meningkatnya jumlah penduduk perkotaan menuntut kebutuhan ruang semakin luas agar berbagai aktivitasnya dapat terpenuhi, sebagai akibatnya terjadilah perubahan pemanfaatan lahan (land use change) (Keisuke Hanaki, 2008). Sebaliknya, menyusutnya luas RTH berpengaruh terhadap keseimbangan harmonis antara pertumbuhan kota dan lingkungannya (Cedric Pugh, 2001).

Menggunakan teknologi penginderaan jauh berdasarkan data citra Landsat TM dan Landsat ETM+ sejak tahun 1990-2009 (19 tahun), setelah dilakukan proses seperti pada gambar 1 berikut diperoleh simulasi perubahan pertumbuhan Kota Surabaya (gambar 2) dan Penyusutan RTH Kota Surabaya (gambar 3).

 Gambar 1. Pengolahan Citra Landsat

Gambar 2. Video Pertumbuhan Kota Surabaya Tahun 1990-2009

Gambar 3. Video Menyusutnya RTH Kota Surabaya Tahun 1990-2009

Pustaka

1.  Cedric Pugh, 2001, Sustainable Cities in Developing Countries: Theory and Practice at the Millennium, Earthscan Publications Ltd, London and Sterling, VA

2. Keisuke Hanaki, 2008, Urban Environmental Management and Technology, Springer, Japan.

3. Maguire, D.J., Batty, M., Goodchild, M.F., (2005), Urban Growth Using Cellular Automata Models. In GIS, Spatial Analysis and Modeling, Redlands, California: ESRI Press, p151-172.

(**) Baca lain sejenis.

3 Comments

Filed under GIS, GPS, lahan kota, Land Use Pattern, Land Use planning, Land Value, Lokasi, Manajemen Kota, Manajemen Lahan, Penginderaan Jauh, Remote Sensing, Urban Climate, Urban land management, Urban Management, Urban Planning

3 responses to “IDENTIFIKASI PERTUMBUHAN DAN RTH KOTA SURABAYA TAHUN 1990 -2009 MENGGUNAKAN CITRA LANDSAT ETM+

  1. Salam kenal, Pak Hasyim.
    saya menemukan wordpress ini setelah mencari-cari dan menemukan disertasi bapak. saya tertarik untuk membaca hasil dari disertasi bapak, yang mungkin bisa saya gunakan sebagai tinjauan dalam pengerjaan proposal TA saya yang rencananya membahas Suhu Permukaan Surabaya secara time series yang terkait dengan perubahan penggunaan lahan, terutama vegetasi dan lahan terbangun.
    saya tidak bisa mendownload isi disertasi bpk di digilib.its.
    kiranya saya bisa mendapatkan link lain untuk itu.

    Hendry Nugroho
    Geografi UI 2007

      • Terimakasih atensinya mas Nugroho. Mengenai disertasi memang sudah menjadi hak sepenuhnya dari ITS, seandainya akan mendownload harus seijin ITS nanti akan dibuka oleh pihak ITS. Rasanya tidak sulit kok, karena mahasiswa saya pun mencoba menghubungi library ITS dan dapat copynya meskipun tidak 100%, dan saya minta maaf karena saya tidak memiliki link yang dimaksud. Mengenai riset suhu land cover atau UHI (urban heat island) sampe saat ini masih terus dikembangkan dan menjadi diskusi menarik, seperti yang saya hadiri pada tanggal 17-19 sept 2012 di Flinders University – Adelaide kemarin. Semoga sukses dan lancar dengan risetnya.

        Salam.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s